Prestasi gemilang diukir Program Studi (Prodi)  Pendidikan Sejarah dan Sosiologi Universitas Insan Budi Utomo (UIBU)  Malang yang sukses menyabet penghargaan hibah Inovasi Belajar (Inobel).

Seperti diketahui program Inobel diberikan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian  Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Tahun 2024 ini menjadi kali ketiga secara berturut-turut bagi Prodi Pendidikan Sejarah dan Sosiologi UIBU  Malang.

 

Untuk tahun ini Prodi Pendidikan Sejarah dan Sosiologi UIBU Malang mengembangkan inovasi media pembelajaran bagi anak-anak disabilitas atau berkebutuhan khusus.

Kepala Prodi (Kaprodi) Pendidikan Sejarah dan Sosiologi UIBU Malang, Rizki Agung menuturkan bahwa dalam kompetisi hibah Inobel tahun 2024 ini pihaknya memang berfokus pada pengembangan media pembelajaran untuk anak-anak disabiltas. Pihaknya ingin melalui inovasi yang dikembangkan oleh UIBU  Malang dapat membuat anak-anak disabilitas terbantu dan memiliki motivasi tinggi untuk belajar.

“Tahun ini, kita mendapatkan Inobel. Saya mewakili kampus (UIBU  Malang) mengajukan diri mengikuti kompetisi terkait dengan hibah itu. Untuk tahun ini kita mendapatkan Inobel tujuannya tentu kami ingin membuat sebuah inovasi agar anak-anak disabilitas lebih mudah belajar, tertarik belajar, dan meningkatkan semangat mereka untuk belajar,” ungkap Rizki Agung.

Rizki menilai bahwa anak disabilitas memiliki karakteristik khusus sehingga dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Berangkat dari masalah itulah Prodi  Pendidikan Sejarah dan Sosiologi UIBU Malang mengembangkan inovasi media pembelajaran yang mempermudah anak-anak disabilitas mengikuti kegiatan belajar.

“Kita tahu sendiri bahwa anak-anak disabilitas itu butuh penanganan khusus dan butuh sebuah terobosan pembelajaran yang membuat mereka lebih tertarik untuk belajar. Jadi kami menawarkan inovasi pembelajaran yang mempermudah mereka untuk tertaik belajar,” jelasnya.

Prodi  Pendidikan Sejarah dan Sosilogi UIBU memang aktif dalam melakukan sejumlah inovasi dalam berperan serta meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia. Sebelum melakukan inovasi pengembangan media pembelajaran bagi anak disabilitas.

Kampus UIBU  Malang telah lebih dulu melakukan pengembangan Pembelajaran Digital Kolaborasi (PDK). Kemudian di tahun kedua, mereka mengembangkan Kurikulum Kampus Merdeka dan selalu sukses menyabet penghargaan hibah Inobel dalam tiga tahun terakhir.

Semangat untuk terus memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat serta pengembangan keilmuan. Diakui Rizki Agung sebagai pelecut sekaligus motivasi bagi Prodi  Pendidikan Sejarah dan Sosiologi UIBU  Malang untuk terus melakukan inovasi.

“Kalau tipsnya adalah semangat untuk membantu pengembangan keilmuan dan tidak pelit  ilmu kepada masyarakat,” tutur Rizki Agung.

UIBU merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) unggulan di  Kota Malang. Sejak 1984, dunia pendidikan Indonesia tidak asing dengan nama IKIP Budi Utomo. Dengan fondasi yang kuat dan atas dasar kemanfaatan, IKIP Budi Utomo siap menyongsong masa depan dengan bertransformasi menjadi Universitas Insan Budi Utomo (UIBU).

UIBU memiliki tiga fakultas yakni Fakultas Eksakta dan Keolahragaan (FEK), Fakultas Sosial dan Humaniora (FSH), dan Fakultas  Sains dan Teknologi (FST). Fakultas FEK UIBU memiliki Prodi Magister (S2)  Pendidikan Olahraga, Prodi Pendidikan Matematika, Prodi  Pendidikan Jasmani Kesehatan, Prodi Pendidikan Biologi.

Fakultas FSH memiliki Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Ekonomi, Prodi Pendidikan Sejarah dan Sosiologi, Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG). Sedangkan Fakultas FST memiliki Prodi Teknik Kimia, Prodi Teknik Mesin, dan Prodi Teknik Elektro.

Informasi lebih lanjut tentang penerimaan mahasiswa baru UIBU tahun akademik 2024-2025 dapat diakses melalui laman https://maba.uibu.ac.id.

Leave a Comment