Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Insan Budi Utomo (IBU)  menjadi salah satu prodi yang banyak diminati. Pasalnya, selain proses perkuliahan yang menyenangkan, juga memiliki prospeknya yang luas.

Kaprodi PBSI Universitas IBU, Nurwakhid Muliyono MPd menjelaskan, lulusan PBSI berpeluang tidak hanya menjadi pendidik profesional, tapi bisa bekerja di berbagai instansi bahkan sebagai entrepreneur.

 

“Alumi kami banyak sekali yang berkarir sebagai guru PNS dan menyebar di wilayah Indonesia. Ada juga yang bekerja di sebuah lembaga, seni peran, jurnalis atau bahkan entrepreneur,” ujar Nurwakhid Muliyono.

Hal ini selaras dengan visi PBSI untuk menjadikan prodi yang memiliki tata kelola World Class Entrepreneur yang unggul, sehat, dan berbudi utama.

“Memang nanti mengarahkanya bukan hanya sebagai guru. Tapi multitalenta, yang bisa mengisi pasar-pasar baik domestik maupun internasional,” jelasnya.

Dikatakan Nurwakhid, materi kuliah dan tugas mahasiswa PBSI relatif tidak terlalu sulit. Sebagai ilmu nonsains, materi Bahasa dan Sastra Indonesia tidak menggunakan rumus-rumus. Para dosen juga ramah dan profesional, bahkan perkuliahannya tidak melulu di dalam kelas, tapi juga di luar kelas. Ditunjang juga dengan fasilitas dan sarana prasarana praktik mahasiswa yang memumpuni.

Salah satunya, dalam mata kuliah sastra parawisata, mahasiswa diajak outing class ke beberapa tempat bersejarah dan wisata alam di Malang. Artinya, mahasiswa lebih mudah menyerap ilmu karena kuliah sambil healing.

Atau adanya ruang broadcasting yang selalu dilirik mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dari berbagai perguruan tinggi saat di kampus Universitas IBU.

“Bapak ibu dosen, akan memberi layanan dan melayani supaya mahasiswa itu kuliah di PBSI dengan happy dan senang hati, menghindari hal-hal yang membuat mahasiswa terbebani dengan berupaya mempercepat proses kelulusannya,” sambungnya.

Kini, Universitas IBU sedang membuka kesempatan bagi calon mahasiswa melalui penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2024/2025. Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak laman pendaftaran mahasiswa baru yang dapat diakses melalui https://maba.uibu.ac.id/.

Kampus ini juga punya banyak beasiswa pendidikan. Mau mujur? Kuliah di Universitas IBU!

 

Leave a Comment